Minggu, 18 September 2011

Pemograman Berorientasi Objek - Pertemuan 2

Pembuatan Class dan Object

Ø Beberapa Konsep Dasar Class :
·         Class adalah Blueprint dari object
·         Class berisi definisi-definisi data dan method
·         Class memiliki nama yang uniq sebagai pengenal

Ø  Class adalah template yang mendefinisikan bentuk objek. Ini menentukan baik data dan kode yang akan beroperasi pada data tersebut. Java menggunakan spesifikasi Class untuk membangun objek. Objek adalah contoh dari sebuah kelas. Jadi, Class adalah dasarnya seperangkat rencana yang menentukan bagaimana untuk membangun sebuah objek. Hal ini penting untuk menjadi jelas tentang 1 masalah: Class adalah abstraksi logis. Hal ini tidak sampai obyek Class yang memiliki telah dibuat bahwa representasi fisik dari Class yang ada di memori. Contoh : Mahasiswa , PajakPenghasilan.
Ø  Di dalam java, jika kita ingin memberikan Identitas pada codingnya, harus dengan cara Comment : 
                        /**
                    *
                   ***/
Dan package.
Ø  Di dalam data member/method selalu terdapat Class dan Instance.
Contoh : Public class TestMember}
               //class member
              Public static int bersama=99;
              //instance-object member
             Public int a=0;
Ø  Untuk pembuatan nama Class, harus diawali dengan Huruf besar . Tidak boleh diawali dengan angka, tetapi hanya boleh mengandung angka. Biasanya disebut dengan Camel Case,karena struktur penamaannya mirip dengan bentuk tubuh unta.
Ø  Satu hal lagi : ingat bahwa metode dan variabel yang merupakan suatu Class disebut anggota Class. Para anggota data juga disebut sebagai variabel instan.

Ø  Bentuk Umum Class :

class classname {
// declare instance variables
type var1;
type var2;
type varN;
// declare methods
type method1(parameters) {
// body of method
}
type method2(parameters) {
// body of method
}
}


Ø  Definisi Class :

       Sebuah definisi kelas menciptakan tipe data baru. Dalam hal ini, tipe data baru yang disebut Kendaraan. Anda akan menggunakan nama ini untuk menyatakan jenis objek Kendaraan.
       *Ingat bahwa deklarasi kelas hanya tipe
      Deskripsi, itu tidak membuat objek yang sebenarnya.
·         Berikut adalah contoh bentuk dari class vehicle :
       class Vehicle {
       int passengers; // number of passengers
       infuelcap; // fuel capacity in gallons
       int mpg; // fuel consumption in miles per gallon
                   }

·         Di salam type suatu class memiliki 3 macam bentuk : Access, Literal dan Reference . Didalam suatu Acces memiliki bentuk 4P yakni : Public, Package (selama masih dalam 1 folder yang sama,bias diakses) , Protected (di sembunyikan hanya untuk ke instansi tertentu/bias diakses oleh instant B, selain itu tidak bisa) , dan Private (hanya untuk dirinya sendiri dan turunannya/untuk class itu sendiri).

Ø  Definisi Konstruktor :

      Class berisi konstruktor yang dipanggil untuk membuat objek
      dari cetak biru Class. Deklarasi konstruktor terlihat seperti
      Metode deklarasi-kecuali bahwa mereka menggunakan nama
      Class dan tidak memiliki jenis kembali.

    *Contoh Constructor Class Bicycle
     
     Public Bicycle(int startCadence, int startSpeed, int gear = startGear;
     cadence = startCadence;
     speed = startSpeed;
     }

    *Contoh lain :
     String str = new String();
     JFrame frame = new JFrame(“Window”)

    *Contoh Lain Lagi :

     Public class ContactPerson{
     Private String nama;
     Private String noTelp;
     Private String alamat;
     Private String toString;
     Return “Nama=  +  nama  +  “\nNo.Telp=” + noTelp +”\n”;
     }
    Public contactPerson(){
    Nama=”noname”;
    noTelp=”999999”;
    alamat=”nowhere”;
    }
    Public ContactPerson(String nama,String noTelp,String alamat)
    This.nama=nama;
    This.alamat=alamat;
    This.noTelp=noTelp;
       }
   }

·         Ciri – ciri :
1.      Nama Constructor sama dengan nama Class
2.      Construktor tidak memiliki return value, void
3.      Constructr Boleh lebih dari 1 (overloading Constructor)
Ø  Operator New
Class-var = new class-name();

Di sini, kelas-var adalah variabel dari jenis Class yang sedang dibuat.
Class-nama adalah nama dari Class yang sedang
instantiated. Nama class diikuti oleh tanda kurung menentukan
konstruktor untuk class.
Jika class tidak mendefinisikan konstruktor sendiri, baru akan menggunakan default constructor disediakan oleh Java. Dengan demikian, baru dapat digunakan untuk membuat objek dari setiap jenis class.

Ø  Creating Object
ü  Ingat : Object is instance of class

jadi dalam pembuatan membutuhkan class yang akan diinstance, perhatikan kode Contoh Pembuatan Object berikut :

Point originOne = new Point(23, 94);
Rectangle rectOne = new Rectangle(originOne, 100, 200);
Rectangle rectTwo = new Rectangle(50, 100);

·         Untuk membuat object originOne berarti harus sudah ada class Point.

Ø  Deklarasi : Kode diatur dalam huruf tebal adalah semua variable deklarasi yang mengasosiasikan nama variabel dengan objek jenis.
Ø  Instansiasi : Kata kunci baru adalah operator Java yang menciptakan objek.
Ø  Inisialisasi : Operator baru ini diikuti oleh panggilan ke konstruktor, yang menginisialisasi objek baru.
Ø  Pembuatan Variable Reference :
type namaVariable

Nama Variable merupakan variable dengan tipe primitive atau tipe reference (class). Perhatikan contoh pendeklarasian variable berikut:

                                       Primitive  Reference


                                       int I           Integer iNT
                                      char c        String str
                                      float fl        Float fLoat
                          Table 1: Contoh Pendeklarasian Variabel




ØUntuk Tugas Transaksi Di bank Bisa di unduh di SINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar